Pesona Memukau Surga Bawah Laut Wakatobi

Surga Alam Bawah Laut Wakatobi Yang Indah Memukau.
Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki wilayah yang sangat luas laut. Karena pulau dan laut, Indonesia menempel keindahan besar di bawah laut. Dalam urutan kelima Indonesia Dalam Berita ingin memperkenalkan pada Wakatobi.
 
Taman Nasional Wakatobi adalah salah satu dari 50 taman nasional di Indonesia, terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Taman nasional ini didirikan pada tahun 1996 dengan total area 1,39 juta hektar keanekaragaman hayati di laut, skala dan kondisi karang; menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia.
 
Kekayaan alam dan keindahan kawasan Taman Nasional Wakatobi telah sangat populer di negara-negara asing, terutama setelah Ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995, yang menyatakan bahwa di wilayah tenggara sangat kaya akan spesies koral. Di sana, ada 750 total 850 spesies karang di dunia. Kedalamannya bervariasi dari datar sampai curam dan di beberapa daerah ada air curam. Kedalaman air mencapai 1.044 meter.
 
Lebih dari 112 jenis karang dari 13 famili, di antaranya adalah Acropora formosa, A. hyacinthus, Psammocora Profundasafla, Pavona cactus, Leptoseris Yabei, Fungia Molucensis, Lobophyllia Robusta, Merulina ampliata, Platygyra Versifora, glabrescens Euphyllia, daun Tubastraea, Stylophora pistillata, Sarcophyton Throchelliophorum dan Sinularia SPP hidup harmonis dengan seluruh penduduk bawah air.
 
Taman nasional ini memiliki banyak kekayaan 93 spesies ikan, termasuk Argus Bintik (Cephalopholus argus), Takhasang (Naso unicornis), Pogo-pogo (Balistoides viridescens), Napoleon (Cheilinus undulatus), ikan merah (Lutjanus biguttatus), Chimera (Siganus guttatus), Amphiprion melanopus, Chaetodon Specullum, Chelmon rostratus, Heniochus acuminatus, Lutjanus monostigma, Caesio Caerularea, dan lain-lain sebagainya.
 
Taman Nasional Wakatobi juga merupakan rumah bagi beberapa spesies burung laut seperti Angsa-Batu Coklat (Sula leucogaster plotus), CeReK Melayu (Charadrius peronii) dan Raja Udang Erasia (Alcedo atthis) bersarang. Beberapa spesies penyu yang membuat taman ini rumah mereka, seperti penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu tempayan (Caretta caretta), dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea).
 
Taman Nasional Wakatobi dikelilingi oleh pulau-pulau karang pantai sepanjang 600 km dan merupakan tempat yang bagus untuk dikunjungi, tersebar di seluruh wilayah Wakatobi. Jadi wilayah pesisir Wakatobi dianjurkan bagi wisatawan seperti diving, snorkeling, berenang dan memancing.